de :
Selamat datang diblog EST💡 Semoga bermanfaat 😃

Minggu, 14 Februari 2016

Virus T9000 Dirancang Khusus untuk Pengguna Skype, Begini Cara Mencegahnya!

 
15 February 2016
 
  http://
Jika kamu merupakan pengguna setia Skype versi PC, berarti kamu harus waspada dengan ancaman berikut ini. Telah diketahui bahwa sebuah varian baru dari virus bernama T9000menyebar ke seluruh komputer di penjuru dunia, dengan niat untuk mengambil berbagai macam informasi pribadi dari pemilik komputer tersebut.
Virus bertipe trojan ini sebenarnya telah diketahui muncul semenjak tahun 2013 dan 2014, namun baru memiliki versi baru pada awal tahun ini. Lalu ancaman apa sih yang membuat virus trojan yang menyerang dataSkype ini begitu berbahaya? pantengin terus artikel ini lebih lanjut ya

T9000, Trojan Unik Penyerang Skype

Jika kamu belum mengetahui karakteristik dari virus bertipe Trojan, ia selama ini memiliki cara dan fungsi yang unik dalam bekerja. Trojan berusaha untuk membuka pintu alternatif ataubackdoor dari sebuah komputer, sehingga melalui celah tersebut, pemilik dari virus itu bisa mengeksploitasi komputer lebih lanjut.
skype-trojan-1
Kali ini, ada sebuah trojan populer bernamaT9000 yang rupanya memiliki kemampuan mengerikan dalam mencuri segala informasi pribadi pengguna komputer termasuk setiap pesan terenkripsi, mengambil screenshot, merekam file audio, dan dokumen yang dikirimkan melalui software Skype. Hal yang membuat virus ini semakin canggih ialah, ia bahkan dapat mengidentifikasi 24 antivirus populer berbeda dan dapat mengindari proteksi dari software-software keamanan tersebut. Antivirus-antivirus seperti McAfeeKaspersky,PandaNorton, hingga AVG tentu masuk ke 24list antivirus tersebut.

Menyebar Tak Pandang Bulu

Pada awalnya, T9000 ditargetkan sebagai trojan yang menyerang perusahaan-perusahaan besar di Amerika. Trojan ini dikirimkan bersama dengan email phishing yang mengatasnamakan dirinya berasal dari perusahaan atau firma besar lainnya. Mengingat bahwa email phishingseperti ini memiliki tampilan dan pesan yang menjanjikan, tidak heran ada banyak orang yang tertipu dan mau untuk mendownloadattachment berisi virus T9000 ke komputer mereka.
skype-trojan-2
Namun bukan berarti virus tersebut hanya bercokol di Amerika dan hanya di perusahaan besar saja. Rupanya ia juga berhasil menyebar ke komputer-komputer personal yang tidak terjaga dengan baik, akibat ketelodoran dari si pengguna itu sendiri. Bahkan, meskipun si pengguna itu sudah menggunakan antivirus mutakhir sekalipun, T9000 memiliki kemampuan untuk mengkostumisasi dirinya sendiri agar dapat dikenali sebagai aplikasi positif dan aman.
Setelah ia berhasil bercokol di sebuah komputer, maka T9000 akan membukabackdoor dan merekam segala aktivitas komputer, terutama yang melibatkan softwareSkype dan mengirimkannya langsung ke server milik hacker. Alasan dari hacker yang membuat virus dengan tipe seperti ini selalu sama kok, apalagi kalo bukan alasan finansial.
Mereka akan sangat senang ketika bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai finansial dari korban. Bahkan, hacker juga dapat menjual data diri dan alamat dari siapapun didark web dengan harga yang terjangkau. Jadi, berhati-hatilah menerima file yang tidak dikenal. Bisa-bisa data diri kamu bisa dimiliki oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar