de :
Selamat datang diblog EST💡 Semoga bermanfaat 😃

Selasa, 16 Februari 2016

Seperti Apakah Dunia saat Teknologi Internet 5G Sudah Hadir pada 2020?

author : Ade Sulaeman
Tuesday, 16 February 2016 - 12:00 pm
chip.co.id

Meski saat ini teknologi 4G belum bisa dinikmati oleh semua pengguna internet, ramalan munculnya teknologi 5G (fifth generation) sudah sering dibicarakan. Salah satunya tentang dugaan-dugaan seperti apakah dunia saat teknologi internet 5G sudah hadir pada tahun 2020?
Intisari-Online.com - Meski saat ini teknologi 4G belum bisa dinikmati oleh semua pengguna internet, ramalan munculnya teknologi 5G (fifth generation) sudah sering dibicarakan. Salah satunya tentang dugaan-dugaan seperti apakah dunia saat teknologi internet 5G sudah hadir pada tahun 2020?
Tahun 2020 memang diramalkan oleh banyak para pengamat teknologi sebagai tahun kelahiran teknologi 5G. Tertarik akan perbincangan tersebut, Nokia pun memberikan prediksi seperti apak dunia saat teknologi 5G sudah hadir pada 2020:
* Internet super cepat
Nokia yang turut serta menguji coba jaringan internet 5G di laboratoriumnya mengklaim bahwa kecepatan download yang mereka dapatkan mencapai 30 GB per detik.

(Baca juga: Internet Berdampak Meningkatkan Jumlah Remaja Depresi?
Meski di kehidupan sehari-hari kecepatan tersebut dapat berkurang karena beragam faktor termasuk terhalang oleh bangunan, Nokia tetap yakin kecepatan 5G lebih cepat 10-100 kali lipat dari teknologi 4G LTE.
* Video Multi-casting
Menonton konser atau pertandingan olahraga, meski dari jarak yang cukup jauh dari panggung, tidak akan lagi menjadi masalah. Sebab kita dapat menikmatinya secara langsung di gawai kita.
Bahkan, Nokia memperkirakan video tersebut dapat diatur dari berbagai sudut serta, tentu saja, sudah dihadirkan dengan resolusi 4K.
* Mobil otomatis yang aman
Ujicoba mobil otomatis diperkirakan akan berubah menjadi kenyataan setelah internet 5G hadir. Dengan kecepatan dan kestabilannya, maka sensor-sensor dalam mobil dapat dengan mudah menangkap sinyal.
Hal ini akan membuat mobil bisa dengan cepat menangkap sinyal bahaya dari sekitarnya. Tentunya agar dapat menghindari kecelakaan.
* Robot pintar
Dunia medis akan kebagian manfaat dari kehadiran teknologi 5G. Lambatnya reaksi dan gerakan robot yang disebabkan oleh jaringan internet yang lambat dan tidak stabil.

(Baca juga: Internet Dunia Terancam 'Macet' Lima Tahun ke Depan
Kondisi yang berbahaya tersebut diprediksi oleh Nokia dapat ditangani dengan jaringan internet yang super cepat alias teknologi 5G. Jadi, robot bisa dengan mudah dan cepat bergerak sesuai dengan perintah dokter.
Virtual reality
Hadirnya teknologi 5G diprediksi akan membuat teknologi VR semakin canggih, sehingga memungkinkan interaksi antar sesama pengguna yang terhubung. Nantinya teknologi VR bisa dinikmati bersama-sama.
Kedua pengguna akan memasuki dunia virtual yang sama dan bisa melakukan interaksi atau bermain game secara serent

Tidak ada komentar:

Posting Komentar